REVIEW - KUNJUNGAN KE IMUSEUM (INDONESIA MUSEUM OF HEALTH AND MEDICINE) DI JAKARTA

Assalamualaikum ....

Dear mommy keceeeeh yang sedang mencari tempat liburan nan edukatif buat ananda tercinta.

Kali ini mommyIca mau review MUSEUM KESEHATAN. Baru tau yah mak? Sama. Maklum baru diresmiin bulan Septamber 2017 lalu. Masih gress yes, masih bersih dan peralatan masih baru. Cuuuuus ke TKP mom.

Musium ini ada di dalam gedung IMERI di komplek FKUI. Musium ini memberikan informasi terkait ilmu kedokteran dan kesehatan kepada pengunjung. iMuseum ini memiliki lebih dari 5000 koleksi baik berupa spesimen kedokteran maupun benda peninggalan (artefak)  berupa alat bantu pendidikan dan kedokteran, video, media directory, dll. Video, media direktori, motion graphic, manekin, virtual reality dapat dinikmati di area lobi, edutainment, medical education journey in Indonesia, health education dan area medical collection. Sebagian dari koleksi spesimen kedokteran ditata di area medical collection yg merupakan area terbatas (g bisa sembarangan masuk harus dgn perjanjian/kunjungan khusus dan ini area 13thn ke atas). Sedangkan sebagian artefak alat bantu pendidikan dan kedokteran ditampilkan di etalase musium.

Lobi Area Musium
Area ini memberikan informasi ttg proses penurunan sifat yang diperankan oleh DNA dan merupakan simbol dari iMuseum. Disini juga ada properti photo booth lho. Ada informasi ttg DNA di medical directory sm di dindingnya. Dan ada patung DNA besar, hehehehe.

Medical Education Journey in Indonesia
Arwa ini memberikan informasi mengenai kronologis pendidikan kedokteran di Indonesia dari era penjajahan Belanda hingga paska kemerdekaan.

Health Education
Di area ini pengunjung diberikan informasi ttg siklus kehidupan manusia (bisa dilihat digambar) dari pemuahan hingga lansia. Disini pemaparannya bukan hanya ttg kondisi normal aja mom tetapi juga memaparkan ttg penyakit yang terjadi di kehidupan manusia.

Medical collection
Area ini tempat untuk mempelajari tubuh manusia dan perkembangannya. Selain spesimen kedokteran disediakan pula meja anatomi 3D.

Edutainment
Area untuk anak. Memberikan informasi sederhana mengenai pemahaman tubuh manusia dan menjaga kebersihan diri sendiri. Dijelaskan dr cara membersihkan tangan sampai kesehatan gigi. Disini juga ada kerangka manusia, ada puzzle anatomi tubuh dan komputer dgn permainan edukatif. Dan aqilah paling suka ada peraga kesehatan gigi jafi bisa belajar cara menyikat gigi yg benar sesuai dgn yg diposternya.

Etalase
Area ini terletak diluar dinding kuseum. Isinya benda peninggalan alat bantu pendidikan dan kedokteran.

Sudut pandang mommyIca
Tempatnya nyaman, bersih, kemarin waktu kesana sepi jadi asiklah. Ada ruang bioskop mini juga isinya ttg imuseum. Areanya tidak terlalu luas apalagi ada area khusus yang kalau masuk harus ada izin khusus dr pengelola dan ini area 13 thn ke atas. Untuk HTM menurut saya sih sedikit mahal, mengingat areanya tdk terlalu luas dan spesimen yg boleh dilihat tdk terlalu banyak. Kurang alat peraga panca indera. Padahal kalau ada lebih seru untuk anak2. Saran saya kalau kesini anak2 sudah diberi pemahaman ttg kesehatan karena ada beberapa peraga ttg vagina, penis, testis bahkan payudara yg bisa ditekan2 seperti squishy. Takut anak pemahamannya keliru apalagi kalau anak memasuki usia kritis. Dibekali pengetahuan dasar dulu yah mom. Overall sih oke dan worth it buat dikunjungi mom. Kalau mau murah join sm teman mom, rombongan per 5 orang biayanya jadi 90rb. Lumayan kan.

LOKASI:
Lantai Dasar Gedung IMERI
Jl. Salemba Raya No. 6
Jakarta 10430

Indonesia Museum of Health and Medicine terletak dilantai dasar gedung IMERI FKUI. Musium ini ada di area FKUI mom. Supaya g muter2, mommyIca punya tips buat kesana. Masuk lewat gerbang disamping halte transjakarta SALEMBA UI, terus parkir. Masuk lewat pintu gedung lama FKUI yg ada tiang benderanya. Lurus aja, g usah belok2. Nanti ketemu lobi IMERI. Nah museumnya pas di samping lobi IMERI. Oh iya, kalau naik transjakarta turunnya dihalte SALEMBA UI yah, kalo turun di halte RSCM nanti ribet masuknya.

HTM:
Dewasa Rp 25.000
Anak-anak Rp 15.000
Paket (5 org) Rp 90.000

JADWAL KUNJUNGAN:
Selasa - Jumat
Pukul: 09.00 - 17.00
Sabtu
Pukul: 09.00 - 14.00
Minggu, Senin dan Hari Libur Nasional tutup

Terima Kasih sudah berkunjung ke blog MommyIca.

Semoga reviewnya bermanfaat ☺☺☺

Komentar

Postingan Populer