Ketika Memulai Montessori di Rumah (Setting Environment)

Assalamualaikum Moms,

Siapa yang disini mau menerapkan metode Montessori tapi bingung mau mulai darimana? 😂😂😂

Lemme tell you moms!

Ketika akan menerapkan metode Montessori dirumah maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mensetting rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat “Rumah Anak”. Lingkungan belajar Montessori harus sederhana. Semua yang ada didalamnya harus memiliki desain dan kualitas yang baik. Nuansa ruangan harus terkesan santai dan hangat sehingga mengundang anak untuk bebas berpartisipasi aktif.
Ruang belajar Montessori diatur secara fungsional bagi anak sehingga memungkinkan anak bekerja, bergerak dan berkembang secara bebas. Kondisi ruangan dan peralatan disesuaikan dengan ukuran anak. Material pembelajaran diatur dalam rak-rak yang mudah dijangkau anak. Pengaturan ruangan dengan rak-rak rendah terbuka berisi aparatus Montessori yang diatur dengan cermat dan tertata baik (tidak ditumpuk) agar anak mudah untuk memilih aparatus yang akan digunakan. Anak dapat bekerja di meja atau dilantai dengan menggelar alas untuk bekerja. Ruang belajar harus ditata indah dan menarik bagi anak karena pada usia awal rasa estetika mulai berkembang. Ruang belajar harus teratur karena anak akan belajar untuk percaya pada lingkungan dan belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan dengan cara yang positif. Melalui keteraturan, anak tahu kemana harus mencari barang mainan yang ia inginkan, misalnya. Oleh karena itu, kita harus merancang penempatan barang mainan sesuai dengan klasifikasi berdasarkan area tertentu.

Ruangan belajar Montessori disusun menjadi beberapa area, yakni:
1. Practical life
2. Math
3. Language
4. Sensorial
5. Cultural

Selain ruang belajar, rumah harus dipersiapkan sedemikian rupa agar menjadi ramah anak. Mulai dari dapur, kamar tidur hingga kamar mandi. Peletakkan barang-barang yang sekiranya berbahaya seperti pisau diletakan ditempat yang tidak mudah dijangkau anak. Untuk barang keperluan anak sebaiknya ditata sedemikian rupa agar mudah dijangkau oleh anak. Barang keperluan anak diletakkan ditempat atau rak yang rendah sesuai dgn tinggi anak. Sehingga anak dapat melakukan keperluannya sendiri. Disediakan pula lemari anak yang terjangkau oleh tinggi badan anak. Ada kamar mandi yang di desain agar anak mudah untuk menaruh handuk, meletakkan sikat gigi serta mudah untuk menjangkau sabun untuk keperluan mandinya sendiri. Disediakan pula ruang untuk anak menjemur. Intinya rumah dikondisikan dgn anak agar anak dapat melakukan aktivitasnya sendiri dengan nyaman tanpa bahaya.

Kira-kira begitulah gambaran awal ketika ingin menerapkan metode Montessori di rumah. SETTING ENVIRONMENT.

Semoga bermanfaat.



Komentar

  1. Mommy Ica, saya masih menumpang di rumah orang tua, dan hanya ada 1 kamar saja yang bisa digunakan untuk anak-anak. Jika saya ingin menyimpan aparatus dan juga sebagai ruangan belajar, kira-kira barang-barang apa saja yang haris dibeli ya? Dan aparatus apa sajakah yang wajib ada dirumah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer