MENGGEGAS IMAN ANAK

Menggegas Iman Anak

Saya yakin setiap orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi anak yg lebih baik orang tuanya. Inginkan anak yg sukses, anak yg berakhlak mulia kalau yg muslim biasanya inginkan anak yg hapal quran, yeeee kaaan? Sama.

Ini sebenarnya saya hanya sharing pengalaman aja sih. Pengalaman dr sudut pandang seorang ibu yg dulu terobsesi menggegas keimanan pd anaknya, menjadikan anaknya super kid". Boleh setuju boleh tidak, karena kacamata saya blm tentu sama dgn kacamata anda. Sudut pandang dr seorang ibu muda baru yg sedang belajar dan berbenah diri. Oiyaa ini sayaa g ada maksud untuk sombong atau riya, hanya sekedar berbagi pengalaman aja, semoga bermanfaat.

Penghapal quran.
Kalau ada yg tahu keutaman memiliki anak yg hapal quran di akhirat kelak pasti ingin sekali memiliki anak yg hapal quran. Asal jgn sekedar ikut2n tren aja punya anak hapal quran biar g kalah sm anak tetangga. Astaghfirullah. Saya pun demikian, ingin sekali aqilah hapal quran bahkan sejak dini. Salah? Ngga. Saya sendiri memang mempersiapkannya sejak ia msh di dalam kandungan. Dr asupan2 makanan yg insya Allah sebagai penunjang hapalannya kelak, hingga kebiasaan2 yg saya ikhtiarkan agar ia terbiasa dgn quran. Atas izin Allah dgn segala rahmat-Nya aqilah hapal juz 30 pd februari 2017 di usia 29 bulan. Senang?  Alhamdulillah. Tapi dr bulan januari saya melihat dia seperti tidak bahagia dan sempat mogok jg. Tp saya tetap saja menggegas hapalannya, dia ttp cuek aja, sampai saya sendiri yg stress lho. Ini anak kok hapalannya g maju2. Bener2 stress tp ttp memaksakan anaknya. Dulu dia ceria dgn quran sampai dia murung karenanya. Saya terus bertanya2, merenung dmn letak salahnya. Ketika tuntas dgn juz 30 nya saya stop progress hapalannya sembari memperbaiki diri dan terus belajar. Sampai akhirnya saya baca buku FBE, saya seperti mendapat tamparan keras. Bahwa apa yg saya lakukan belakangan ini hanya akan menyisakan ketidaksukaannya pd quran dan mencederai fitrahnya. Ya Allah, ampunilah hamba. Aqilah maafin mami yaa. Jgn sampai kita sebagai orang tua menjadi perantara anak benci quran, hanya karena kita memaksakan menggegas anak kita. Setelah saya stop untuk sementara waktu, akhirnya saya temukan kembali aqilah yg dulu. Hasilnya adalah ketika dia beraktifitas tak jarang ia sambil membaca potongan2 ayat atau mengaitkan apa yg dia lihat dgn quran, baarakallahu fiiik anakku. Belakangan ada rutinitas baru sebelum tidur, jd kalau ipod blm selesai memutar juz 30 dia blm tidur, kalau sudah selesai biasanya tak lama dia tertidur. Ya Allah saya menyadari betapa zholimnya saya sm aqilah, betapa berdosanya saya kalau saya sampai jd perantara aqilah membenci quran.

Saya ubah cara pandang saya, bahwa saya harus menanamkan kecintaannya pd quran, saya harus mengajarkannya bahwa 'nak apa pun yg kau lihat dan alami semua ada lho quran' drpd saya sibuk menggegas hapalannya. Hingga muncullah semua keindahan tentang quran pd dirinya hingga ia dgn penuh kesadaran menghapal quran tanpa paksaan maminya. Tetap membersamai harinya dgn quran. Memberikan teladan ttg quran, dimulai dr tdk membentak dan memarahi anak ketika orang tuanya ngaji tp anaknya ngerusuhin, membiarkannya tetap merasa nyaman ketika mengaji bersama. Jangan sampai anak merasa gara2 quran nih saya dimarahin ibu-bapak. Nah lho lagi2 orang tua yg jd penyebabnya deh. Yang namanya orang tua tuh emg kudu ngasih teladan kpd anak. Smg kita termasuk orangtua yg terus memperbaiki diri.
.
.
.
Shalat
Pun dgn shalat, saya mengajarinya dini bgd, sampe maksa2 aqilah buat ikutan sholat dan you know what ujung2nya emaknya malah stress krn anak gmw ngikutin. Iissh, saya zholim amat yah, pdhl Allah aja merintahin anak shalat usia 7 thn. Maksud hati supaya lebih cepat lebih baik tp apakah Allah lalai memerintahkan shalat di usia 7thn?  Kan ngga, hanya orangtuanya aja yg riweuh ketakutan kalau2 anaknya nanti susah disuruh shalat, ini cara berpikir saya dulu sih. Pdhl jauh lebih penting menanamakan kecintaannya pd shalat drpd menggegasnya shalat di usia yg masih dini. Jgn sampai ketika masuk usia diperintahkan shalat anak seperti robot mekanis (shalat hanya berupa gerakan) tanpa ada rasa cinta sehingga kehilangan esensi dr solat sendiri. Denger azan lsg ke kamar mandi ambil wudhu lsg shalat kilat trs sudah selesai begitu saja. Sebatas penggugur saja.

Lagi2 anak butuh keteladanan dr orang tuanya sejak dini tentunya. Membiasakan anak dgn "ritual" shalat. Lagi2 harus menanamkan kecintaannya dulu thd shalat dibanding menggegasnya. Kalau kita pernah membuat anak kita menangis lantaran shalat, hati2 bisa jd kita penyebab anak kita enggan shalat dan membenci shalat, astaghfirullah tuh kan berat tanggung jawab jd orangtua. Menciptakan suasana yg menyenangkan ttg shalat. Nabi Muhammad sendiri melamakan sujudnya ketika cucunya bermain dipunggungnya lho, ketika cucunya turun barulah Rasul bangkit dr sujudnya. Tuh kan sebegitunya Rasul kita menciptakan suasana yg menyenangkan ttg shalat kpd cucunya. Ketika pemuda Husein RA dikenal sebagai pemuda sujud. Itu karena kesan indah saat balita ketika bermain dipunghung kakeknya ketika sujud.
Tanamkan kecintaan dan kesadaran anak ttg shalat lalu bersamai dgn keteladanan dr orang tuanya, hingga ketika usia 7 thn anak sudah siap shalat dgn penuh keikhlasan.
.
.
.
Kerudung.
Aqilah memang dr bayi saya biasakan keluar rumah pakai kerudung. Dan memang dia g betah dikasih bando2 ato jepitan. Lagi2 dulu saya memaksannya. Memang bagus dan harus membiasakan sejak dini tp saya lupa menanamkan esensi pakai kerudung ke aqilah. Jd saya yg makein kalau keluar rumah. Hingga saya tertohok dgn jawaban aqilah. "De, kenapa ade keluar rumah pakai kerudung?", "supaya g kepanasan kan diluar panas". Waduh gawat jd nih kalau sampai waktunya dikenakan kewajiban berhijab tp alasannya karena kepanasan. Salah maning salah maning dah emaknya. Tp sekarang setiap keluar rumah saya memberikan pilihan kpd aqilah mau pakai kerudung ato ngga. Kalau g pakai pun saya g boleh marah atau kesal kn anak balita blm ada kewajiban untuk itu. Tp alhamdulillah belakangan saya dapati jawabnnya ketika menggunakan kerudung dia bilang "aurat mi, malu". Tp saya makeinnya kerudungnya standar anak2 yg khas anak2 sih yg lucu2 bukan yg lsg panjang lebar trs ada cadarnya. Saya hanya inginkan dia cinta terlebih dahulu thd identitasnya sbg muslimah hingga akhirnya ia dgn penuh kesadaran menjadi muslimah dgn hijabnya. Off course dibutuhkan keteladan dan penanaman imaji positif ttg berhijab.

Kenapa kita terlalu sibuk menggegas iman balita kita?
Apakah mereka sudah dibebankan perintah?
Kenapa kita sibuk menjejalkan muatan keislaman tp lupa menamankan islam dihatinya?
Kenapa kita sibuk menceritakan ttg neraka pdhl anak yg wafat sblm aqilbaligh masuk surga?
Kenapa kita sibuk menggembleng ibadah anak kita sedang dia tidak mengerti apa itu ibadah?
Kenapa kita membuat anak kita membenci agamanya secara tdk sadar pdhl kita inginkan anak yg kelak ia bangga sebagai muslim, mengakui Allah sebagai Tuhannya dan Rasulullah sbg teladannya.

Padalah usia 0-7 thn adalah masa keemasan untuk fitrah imannya. Yg insya Allah jika masa2 ini terlewati dgn paripurna kedepannya anak akan menjadi pribadi muslim yg kaffah.

Teruslah berharap petunjuk Allah ketika mendidik anak krn anak adalah titipan Allah.

Dari ibu yg terus belajar memperbaiki dan memantaskan diri menjadi ibu yg shalehah
Annisa Nurul Arifah

Komentar

Postingan Populer