Peluh Suamimu


Wanita yg pernah berkarir dgn penghasilan besar mungkin (mungkin lho ya) pernah meremehkan pekerjaan suami.  Apalagi kalau penghasilan lebih besar dr suami. Pernah terpikir "yaelah cuma gt doang gue jg bisa kaleee" atau "gue bs ko melakukan itu lebih dr suami gue".

I was, astaghfirullah (smg Allah mengampuni saya). Sampai suatu ketika Allah menyadarkan saya. Suami kerja di cikarang kalau kerja naik motor. Ketika suami lg tugas di jepang kebetulan saya ada acara di cikarang (kalo suami ada pasti dianter mobil). Waktu itu suami nyaranin buat naik taxi tp saya keukeuh gitu pengen ngerasain naik motor dan kebetulan adik laki2 saya bersedia nganterin. Jadilah ke cikarang naik motor (kurleb 2 jam) dan ngajak si aqilah. Waktu pagi2 sih masih enjoy yaaa mungkin karena belum panas. Pas pulangnya beeeugh tiap ada yg jual air kita berhenti dooong, tenggorokan kering muluu, mana jalur kalimalang maceeeet. Pantat ampe berasa panas nempel sm jok. Abis balada kehausan datanglah balada pantat nempel jok, dikit2 berenti gara2 g kuat bin pegel2, hahahahaha. Pas nyampe rumah saya br merenung oh ternyata begini yg dilalui suami saya setiap senin pagi dan sabtu siang. Saya mending dibonceng ya lha suami berarti tanganya pegel yaa buat ngegas, ngopling sm ngerem blm lg kakinya ditambah kudu fokus sm jalan. Oh, ya Allah betapa peluhnya tp dia tak pernah mengeluh, kalau pulang selalu sumringah, macam perjalanan dekat aja. Lha kiteee abs dr cikarang bete mode:on.

Dan kemarin saya merasakannya lg. Rasanya macet PP ke airport siang2 doooong. Weeeees macet lagi macet lagi mungkin gara2 si komo lewat. Lagi2 yg kebayang suami saya. Smg Allah selalu merahmatimu sayang. Kebayang kalau lg ada klient dr jepang dan kebetulan suami yg ditugaskan untuk mendampingi klientnya include nganter-jemput ke airport. Banyakan sih nyetir sendiri g ada supirnya. Kebayang perjalanan dr cikarang ke airport. Panas2 macet pulak betapa membosankannya yg begini nih yg biasanya bikin ngantuk tp dia harus tetap terjaga fokusnya (akhirnya saya jd tahu kenapa di tasnya banyak permen). Maceeet panas kadang2 harus keluar tengah malam. Ya Allah saya merasa berdosa pernah berpikir bahwa saya mampu melakukannya lebih dari suami saya.

Dia, para suami mungkin (kayaknya bukan mungkin deh tp pasti) saja lelah dan letih ini br dlm hal perjalanan blm lg urusan kantornya tp tak pernah menampakkannya di hadapanmu hanya menyimpan di dalam lubuk hatinya yg terdalam. Mungkin kalau kita diposisinya pas nyampe rumah udah bete deh. Tapi untuk para suami (mungkin) Tak ada yg diharapkannya selain seulas senyum dr istrinya sbg penawar peluhnya (ini bener g sih pak atau cm spekulasi istrinya doang,wkwkwkwm). Mungkin saja dia tak begitu mempedulikan dirinya yang terpikir hanya gmn caranya agar dpt rejeki yg halal untuk anak istri walau peluh bercucuran. Rejeki yg ia jemput dgn ikhlas dan berharap dpt memenuhi semua kebutuhan anak istri (meskipun tak selalu terpenuhi). Otak yg selau dipakai berpikir keras antara masalah kantor dan masalah rumah, Bagaimana mengedepankan rasional drpd baper. Bagaimana tetap menjadi imam yg berwibawa meskipun kita tak tahu apa yg terjadi padanya dikantor.

Ya ya ya mereka para suami yg berjuang hingga peluh bercucuran demi mencukupkan kebutuhan keluarganya dan berharap keberkahan dr Allah disetiap tetes keringatnya.i

Komentar

Postingan Populer