Sayang, lulusan s2 cm dirumah doang.

Saya sudah terbiasa mendengar komentar orang ttg latar pendidikan dan pekerjaan saya. 90% sih bilang sayang banget. Ehm, sebenarnya sayang bgd krn konteks apa nih ya. Sayang bgd kuliah mahal2 cm ngurus anak doang? G perlu kasihan ya, saya kuliah bayar sendiri ko, lha yg kehilangan duit happy aja sih. Buat saya sendiri, hidup itu g melulu tentang uang sih.  Atau sayang karena ilmunya g dipake? Justru ini karena ilmunya dipakek lho, hihihhihi. Dan sekarang lg ambil kuliah informal 4 semester jg, hahahahaha. Smg nanti Allah ijinkan saya buat kuliah s3, aamiin.

Saya memang lulusan s2 PTN dgn penghasilan Rp 0,- tanpa bisnis atau kerjaan sampingan. Pdhl tawaran pekerjaan saya terakhir sebagai konsultan pendidikan di Afrika untuk primary level tp g dpt restu paksu. Tp saya memilih jalan ini. Yap, saya yg memilih dan memang sudah saya impikan jauh sebelum menikah yaitu mendidik anak sendiri dan suami pun setuju. Jadilah saya dirumah ngedidik aqilah. Pernah pengen kerja? Kadang2 apalagi kalau anak lg cranky bgd rasanya pengen cakar2 tembok, kabooor kerja trs anak titip di daycare, hahahaha. Tapi saya rasa tak semudah itu meninggalkan aqilah krn bonding cinta diantara kami sangat kuat dan kami saling mencintai. Ditambah saya bukan orang yg mudah percaya dgn orang lain.

Tapi banyak hikmah yg saya dapat setelah lahir aqilah dan mendidiknya sendiri.

Aqilah dr lahir itu udah beda g kayak bayi umumnya. Bayi kalo tidur lama bgd yah kalo si aqilah mah ngga, g seanteng bayi orang dan belakangan saya tahu bahwa ini adalah salah satu dampak dr alerginya. Ketika dia minum ASI dmn tercampur dgn alergen yg terbawa dr makanan yg saya makan maka dia akan merasakan ketidaknyamanan dan akhirnya rewel phn muntah2 dan gumoh2 sering g kayak bayi lainnya. Sampai mpasi jg banyak eliminasi makanan. Kebayang kan kalau diurus orang lain yg g ngerti apa2 betapa kesiksanya dia. Ngebayangin anak yg alergian di asuh sm org yg g ngerti dan g sabaran. Zholim bgd yak kalo emaknya kerja cm buat dpt duit tp anaknya kesiksa alergi.

ASI, alhamdulillah aqilah anak asi sampai 25 bulan. Pernah asip selama emaknya kuliah, dan I feel you emak2 kantoran yg kejar tayang sm asip. Pumping disela2 waktu pergantian mata kuliah. Untung punya teman2 yg support, yeee kan dikelas saya paling muda banyakan emak2.

Lebih mudah dibentuk. Ini karena dari awal 1 pola pengasuhan sehingga anak tdk bingung asuhan. Kebayang kan kalau di daycare anak diajarinnya apa eh dirumah diajarinnya apa. Kasihan anaknya.

Saya ingin menjadi orang yg paling paham dan mengerti anak saya. Ini penting bgd yaaa. Disaat anak memasuki masa transisi dr anak ke dewasa akan terjadi gejolak2 di jiwa anak. Kalau dia g nyaman dgn orangtuanya kmn lagi anak akan mencari tempat. Salah gaul? Kemungkinan terburuk. Smg Allah selalu menjaga hati anak kita.

Mendidik aqilah sesuai dgn visi-misi yg sudah saya dan suami bentuk. Bereksperimen dan mengamati tingkah laku aqilah. Hingga dapat formulanya. Hingga saya paham karakternya. Dari sifat bawaan sampai gaya belajarnya. Sehingga lebih mudah mengarahkan ke visi-misi keluarga kami. Dan saya ingin menjadi orang pertama yg mengetahui sesuatu yg baru dr aqilah. Harus bgd yah?  Yaiyaalaaah pan kite emaknya.

Tak ada yg bs membayar letih saya kecuali doa tulus yg keluar dr bibir mungilnya. Dan celotehnya yg selalu menjagi penyemangat diri ini. "Mami nanti aku disurga mau sayang2 mami, mau peluk mami, mau cium mami".

Belajarlah untuk tidak mengintervensi dan memaksakan kacamatamu untuk orang lain.

Komentar

Postingan Populer