PEMANASAN PEKAN 4

▛▀▀ ❅ ❄ ❆ ▀▀▀ ❅ ❄ ❆ ▀▀▜

🥀  *PEMANASAN*
          ``` Pekan 4```
                  

🔥 Pemanasan Materi  Pekan 4 🔥

1. Apa manfaat menghafal tashrif lughawi?

🎯 Menghafal tashrif Lughowi manfaatnya adalah untuk mempermudah dalam mempelajari perubahan setiap bentuk kata, baik berdasarkan jenis dan jumlah subjek atau pelakunya.

2. Apa perbedaan tashrif lughawi untuk fi'il dengan isim?

💠 Tashrif lughawi bentuk fi’il berubah berdasarkan perbedaan isim dhamir dari هوَ sampai نَحْنُ. Karena isim dhamir ada 14, maka wazan tashrif lughawiy untuk fi’il madhy dan fi’il mudhari’ juga ada 14 wazan. Adapun untuk fi’il amar dan fi’il nahiy memiliki 6 wazan. Secara makna, kata perintah dan kata larangan hanya berlaku untuk kata ganti orang kedua.

💠 Tashrif isim melingkupi isim Fa’il dan isim maf’ul, berbeda dengan fi’il yang memiliki satu wazan untuk setiap isim dhamir-nya, tashrif isim hanya ditinjau dari jumlah dan jenis nya. Wazan tashrif isim berjumlah 6 wazan. Setiap wazan dari 6 wazan isim ini bisa digunakan untuk lebih dari 1 isim dhamir dengan syarat isim dhamir tersebut sesuai jumlah dan jenisnya.

3. Sebutkan apa yang harus diimani seputar iman kepada malaikat?

💖 Mengimani keberadaannya dengan keimanan yang teguh dan lagi kokoh, tidak tergoyahkan oleh keraguan atau kebimbangan.

💖 Ahlus Sunnah Wal Jamaah mengimani apa yang disebutkan dalam dalil shohih dan mengimani pula siapa yang telah Alloh dan Rasulnya sebutkan, diantaranya ;

🔅Malaikat Jibril yang ditugaskan untuk menyamaikan wahyu.
🔅Malaikat Mikail yang ditugaskan untuk menurunkan hujan.
🔅Malaikat Isrofil yang ditugaskan untuk meniupkan sangkakala.
🔅Malaikat Maut untuk menyabut nyawa.
🔅Malaikat Ridwan dan Malaikat Malik untuk menjaga pintu Surga dan Neraka, serta
🔅Malaikat Munkar dan Nangkir untuk memberikan pertanyaan di dalam kubur.

💖 Ahlus Sunnah mengimani wujud para Malaikat, bahwa mereka hamba Alloh yang diciptakan dari cahaya dan berjasad. Malaikat adalah mahluk Alloh yang bersayap dan tentara Alloh yang tinggal di langit. Malaikat adalah mahluk yang dekat dan taat dengan Alloh dan dimuliakan.

4. Sebutkan kitab yang wajib diimani!

📗 Al Quran
📘 Taurat
📙 Injil
📔 Zabur
📚  Shuhuf Ibrahim dan Musa

5. Apa yang dimaksud dengan syubhat?

🔭 Syubhat (samar) yaitu setiap hal yang dalilnya masih dalam pembicaraan atau pertentangan, maka menjauhi perbuatan semacam itu termasuk wara’.

6. Apa yang dimaksud dengan agama adalah nasihat?

💫 Agama adalah Nasihat maksudnya adalah Agama sebagai tiang dan penopang. Dimana Nasihat merupakan sebuah kata singkat penuh isi,  (segala hal yang baik). Nasehat adalah makna yang menyeluruh bagi yang dinasehati dan memberikan seluruh kebaikan kepada yang dinasehati.

🍒🍒🍒

Komentar

Postingan Populer