REWARD CHART

Reward Chart fungsinya untuk mencatat setiap kebaikan dan prestasi yang dicapai anak. Anak akan memperoleh poin yang kelak jika sudah cukup banyak, bisa ditukarkan dengan reward sesuai kesepakatan. Jika anak sudah melakukan sebuah prestasi anak berhak mendapat poin bs berupa sticker untuk ditempel atau pakai magnet board intinya untuk menunjukkan kalau dia sudah melakukan sesuatu sih. Sampai batas reward yang disepakati anak bs menukarkannya dengan sesuatu misalnya buku atau es krim sesuai kesepakatan dgn anak.

Reward chart ini bs macam2 sih isinya kalau anak lg berlatih kemandirian bisa diisi point kemandiriannya seperti makan sendiri, pakai baju sendiri, dll. Atau bs digunakan untuk terapi menghilangkan perilaku buruk anak. Misal anak kalau meminta sesuatu suka teriak2, bs pakai ini juga sih misalkan kalau dia berhasil meminta sesuatu tanpa teriak si anak berhak dapat bintang dikumpulkan terus hingga rewardnya tercapai. Atau bisa dipakai untuk belajar anak sekolah. Misalkan anak sedang belajar membaca, nah kalau dia bersahil membaca beberapa kata lsg dapat bintang dan dikumpulkan sesuai kesepakatan awal.

Ini contoh reward chart ala2 mommyica yg bikinnya nyuri2 waktu jd kurang maksimal sih. Modal karton sm sticker itu g dilaminating cm pakai lakban bening aja sih, emak mager ke tukang fotokopi, hahahahaha. Itu dikasih tali buat digantung supaya anaknya ngeliat dan tertarik buat ngisi rewardnya. Sebenernya sih anaknya tertarik buat nempelin stickernya krn kan sticker hasil pilihannya dia.

Komentar

Postingan Populer